Diary Persiapan Pengenalan Kehidupan Kampus pada Mahasiswa Baru (PKKMB)

Dalam penyambutan masuknya mahasiswa baru, diadakan serangkaian acara. Salah satunya acara Pengenalan Kehidupan Kampus pada Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB dimulai pada hari kamis tanggal 27 Agustus 2015 pukul 07.00 WIB. setiap mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti serangkaian acara tersebut sampai selesai di fakultas masing – masing.
Karena acara PKKMB dimulai pada pagi hari saya bangun lebih awal dari biasanya. Dengan mengenakan kemeja putih polos, rok hitam panjang dan mengenakan dasi hitam, membuat saya terlihat lebih rapi dan siap mengikuti acara PKKMB. Karena tidak terlalu jauh lokasi kampus dari rumah saya, saya berangkat pada pukul 06.15 WIB. Saya sudah membuat janji dengan teman saya untuk berangkat bersama – sama. Sesampainya di tempat kos – kosan teman saya, saya ternyata ditinggal. Mungkin dia sudah terlalu lama menunggu saya. Saya memutuskan untuk menitipkan kendaraan di tempat kos teman saya. Lalu saya berjalan kaki menuju gedung farmasi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Saat berjalan kaki, saya khawatir saya telat mengikuti acara PKKMB. Saya berlari – lari kecil, dan semakin was – was ketika melihat teman – teman dari fakultas lain yang sudah memulai upacara. Di pintu gerbang masuk fakultas saya yaitu Fakultas Ilmu – ilmu Kesehatan (FIKes), sudah banyak teman – teman FIKes yang sudah berangkat. Lalu ada mas dan mba Komisi Disiplin (KOMDIS) yang sedang mengawasi kami. Dengan nafas terengah – engah dan kaki terasa kaku saya mencari – cari teman – teman dari kelompok saya. Ternyata saya sudah ditinggal masuk di depan gedung farmasi UNSOED. Sebelum melakukan upacara pembukaan PKKMB terlebih dahulu kami melakukan gladi bersih. Lalu pada pukul 08.00 WIB kami semua mengikuti upacara di depan gedung farmasi UNSOED. Setelah itu acara PKKMB dimulai dipandu oleh Mas Guntur dari prodi PJKR dan Mba Christi dari prodi Kesehatan Masayarakat (Kesmas).
Materi pertama disampaikan oleh Bapak Ir. Endo Dardjito MPPM tentang pola pengembangan mahasiswa. Beliau menjelaskan tentang visi, misi UNSOED dan berbagai UKM yang terdapat di masing – masing jurusan.
Materi kedua disampaikan oleh Bapak dari Bimbingan Konseling (BK) FIKes mengenai ruang lingkup FIKES, Sistem Kredit Sekunder (SKS), Kartu Rencana Studi (KRS), beban kredit dan kehidupan semasa di perkuliahan.
Lalu kami dipersilahkan untuk istirahat, solat dan makan (ishoma) selama ± 1 jam.
Materi ketiga disampaikan oleh Ibu Rahmi Setiyani tentang komunikasi. Beliau menyampaikan materi tentang komponen komunikasi, pentingnya komunikasi dan penerapannya dalam kehidupan perkuliahan.
Materi keempat oleh AKP Isfa Indarto S.H, M.H dari Kasubbag Dalops Polres Banyumas mengenai terorisme. Beliau menyampaikan materi tentang bahaya terorisme, tuntutan dan harapan masyarakat, macam – macam tipologi tindak kejahatan secara umum, contoh narkoba, pencurian, terorisme dll. Serta cara mencegah penyimpangan agar tidak terjadi “Anomali Sosial”. Contoh dalam acara apapun mahasiswa harus meminta izin dari pihak kampus atau polisi untuk keamanan. Fenomena teroris yang akhir – akhir ini terjadi yaitu ISIS yang bermuara di Irak dan meluas ke berbagai daerah termasuk Indonesia.
Materi kelima oleh Ibu Rahmi Setiyani lagi mengenai praktek komunikasi yang diperagakan oleh lima pasang mahasiswa baru.
Tak terasa hari sudah sore, waktu sudah menunjukan pukul 16.45 WIB. Acara selesai dan kami sudah boleh dipersilahkan pulang. 

0 komentar: