Essay alasan mengapa memilih jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED dan Kontribusinya

Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Masyarakat UNSOED
Karena peratama dorongan orang tua ingin saya masuk dalam dunia kesehatan. Dengan menimbang kakak saya yang sudah terlebih dahulu kuliah di bidang ekonomi pada program studi Manajemen. Orang tua saya berpikir agar anak – anaknya dapat masuk dalam program studi yang berbeda – beda. Karena dengan demikian secara langsung maupun tidak, kakak dan saya dapat bertukar ilmu yang dapat bermanfaat untuk masa depan kami.
Kedua. Memang sudah keinginan saya sendiri ingin mengenal lebih dalam tentang bidang kesehatan. Karena saya berpikir saya sudah cukup mempelajari tentang teori sekitar pelajaran MIPA, maka saya ingin menerapkan ilmu yang telah saya peroleh dalam bidang kesehatan. Awalnya saya ingin masuk program studi ilmu gizi. Tetapi setelah berbagi pengalaman dengan alumni kakak kelas semasa di SMA, saya mulai menimbang – nimbang tentang prodi Kesehatan Masyarakat ini. Kakak kelas saya berkata bahwa di prodi tersebut mencakup seluruh bidang kesehatan, termasuk ilmu gizi, farmasi, keperawatan dan kedokteran secara umum.
Ketiga. Karena faktor lingkungan tempat tinggal saya. Rumah yang saya tinggali selama ini berada tepat di tepi jalan raya. Setiap hari di depan rumah saya selalu padat dilalui kendaraan bermotor. Padahal, kendaraan bermotor mengeluarkan gas – gas yang bersifat racun bagi tubuh kita seperi karbondioksida (CO2). Kita tidak pernah tahu gas apa sajakah yang telah kita hirup. Apalagi saya dan orang – orang lainnya yang hidup di tepi jalan seperti saya. Saya tidak tahu apakah kualitas kesehatan saya berbeda dengan orang – orang yang hidup di pegunungan di mana udaranya belum tercemar? Apakah hal ini juga berpengaruh terhadap rentang masa hidup saya? Untuk itu saya memilih prodi Kesehatan Masyarakat untuk menggali lebih jauh ilmu kesehatan yang nantinya dapat bermanfaat bagi saya sendiri, keluarga dan masyarakat.
Kontribusi (Target yang ingin saya capai)
Sebelumnya saya sangat bersyukur karena dapat di terima di prodi yang memang saya inginkan. Karena dengan begitu saya harus konsekuen dengan pilihan saya. Setiap hari saya selalu dititipkan pesan oleh kedua orang tua saya agar selalu berdoa pada saat akan memasuki dan meninggalkan gedung di mana saya menuntut ilmu. Berdoa agar dimudahkan dari segala urusan, ilmu yang saya peroleh dapat bermanfaat bagi orang banyak, dan prodi inilah yang akan mengantarkan pada kesuksesan saya di masa mendatang.
Untuk kedepannya saya belum memikirkan dengan pasti tentang apa profesi saya setelah menjadi sarjana. Karena Ibu saya sering berpesan agar saya fokus untuk memikirkan hari ini. Belajar dan beribadah dengan sebaik – baiknya. Tetapi tetap mengacu pada target yang akan dicapai. Target saya kedepannya, saya ingin nilai IP saya di atas 3,5 dan dapat mempertahankan nilai IP tersebut sampai semester akhir. Lalu saya ingin segera lulus dengan menyandang sarjana cumlaude. Segera mungkin saya ingin mengabdikan ilmu yang telah saya peroleh kepada masyarakat. Saya ingin menjadi seorang manager di sebuah Rumah Sakit. Lalu saya ingin melakukan penelitian tentang “Apakah faktor lingkungan mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang?”. Dengan penelitian itu saya ingin menulis sebuah buku, karena saya suka menulis sejak di bangku SMP. Dengan buku itu saya ingin membagikan sedikit ilmu dan pengalaman saya yang mungkin dapat menjadi sebuah inspirasi orang banyak. Setelah sukses nanti, saya akan mengumpulkan uang untuk menunaikan ibadah haji bersama orang tua saya. Saya ingin memberikan mereka sebuah rumah yang nyaman untuk mereka nikmati di masa tuanya. Akan saya cukupkan segala kebutuhan mereka dengan jerih payah saya sendiri. Karena semua itu belum setimpal dengan apa yang telah mereka kasihi kepada anak – anaknya. Saya ingin kedua orang tua saya diberi umur panjang, agar dapat melihat kesuksesan saya. Tak lupa saya ingin berbagi dengan anak – anak yatim piatu.

Agar semua target saya tercapai saya akan menerapkan prinsip ”DUIT” (Doa Usaha Ikhtiar dan Tawakal) dalam setiap langkah saya. Semoga semua mimpi – mimpi saya akan segera terwujud satu demi satu atas izin Allah SWT. 

0 komentar: